Search This Blog

Saturday, December 7, 2019

The Perks of Being Google Local Guides

Berawal dari kemana-mana selalu ngandelin google maps either dalam negeri ataupun luar negeri, aku mulai ikutan ninggalin reviews atau nambahin lokasi / cafe baru di google maps. Why? pengen berbagi pengalaman. Gitu cari cafe/lokasi pakai google maps, ternyata titik dan cafe nya gak sesuai. atau bahkan cafe nya udah tutup dan gak buka lagi. Jadi, daripada orang lain ngalamin hal yang sama, aku ngerasa perlu buat do something. Either ninggalin jejak berupa review, atau suggest editing ke google. 

local guides
Image by Google Local Guide


Tahu gak titik titik lokasi yang ada di google maps itu siapa yang nambahin? Googlers (Karyawan Google)? Tentu tidak, Marimar. Ada banyak banget titik-titik lokasinya. Diseluruh dunia pula! PR banget kan buat para googlers. 
Pernah gak sih, pengen ke cafe yang lagi hits, tapi kamu terpaksa harus cari dulu postingan di blog/instagram foodblogger tentang review apa aja yang rekomen disana. Take times to read the whole story, isnt it? Nah, reviews yang ditulis ama google local guides ini adalah versi singkat dan efisien. Bukan dari kacamata expert, tapi based on experiences. Kamu bisa dapat gambaran soal cafe itu gak cuma dari satu review foodblogger aja, tapi dari beberapa orang yang udah pernah kesana dan ninggalin komen either soal makanannya, soal harganya, soal pelayanannya. Kurang lebih itu sih yang aku lakuin as google local guides.
Google Local Guides ini sebenernya volunteer/kontributor tanpa dibayar yang ngasih kontribusi berupa penambahan titik lokasi di google maps. Selain itu, Local guides juga bisa ngasih reviews terkait tempat yang pernah dikunjungin. 
Kapan awal mulanya? Jujur aku lupa. Sebenernya hobby ninggalin review begini udah aku lakuin sebelum ada google local guides. Sebelumnya aku suka ninggalin review di Foursquare. Check-in dan review di tempat yang pernah aku kunjungin sekalian ngejar badge juga sih. Ada yang pernah main foursquare disini? Anak jumperkaskus mana suaranya? hahaha
Nah klo untuk Google Local Guides ini mulainya juga tanpa sengaja. Karena klo lagi makan apa, dimana, seringkali jepret jepret buat foto makanannya walaupun cuma ngandelin kamera ipon doank. Hal lain sih buat laporan ke mamake atau pacare tadi makan apa haha. Lama-lama mikir ini foto-foto makanan di handphone gue mau diapain sih? Menuhin icloud aja. Blog? Waktu itu belum kepikiran untuk bikin blog, anaknya belum bisa konsisten untuk nulis dan bukan food connoisseur juga. Aku mah makan icip sana icip sini emang karena doyan haha. Eh pas ngeh ternyata google juga udah mulai bikin feature semacam reviews di google maps. yang ngasih reviews dan rating untuk tempat yang pernah kita kunjungin. Aku ikutan deh. 
Klo dilihat dari timeline contribution aku di google maps, aku baru mulai ninggalin jejak di google maps "2 years ago" which is circa 2017.  Biasanya suka main dibelakang layar aja, lapor atau suggest edit lokasi yang kurang pas titiknya doank. Atau tambahin store/cafe baru yang belum listing di google maps. ya, belum konsisten banget buat ninggalin reviews.
 

Lately, aku baru tahu klo reviews itu ngasilin poin. Makin banyak review, makin banyak foto yang kita upload sesuai dengan lokasi tersebut, poin local guides kita makin nambah. Ibaratnya kayak main game sih ya, makin banyak nge-review, poin nambah, unlock badge tertentu, dan naik level. Seru dan gak ribet kan? yuhu, cobain deh. 
Gak cuma ngasih reviews doank sih, Google Local Guides juga dapetin yang nama nya 'PERKS' alias keuntungan. Misalnya nih beberapa voucher yang bisa di redeem diantaranya berupa discount voucher Fashion, Coffee Shop, Hotel bahkan Travel. Trus juga dapat kesempatan buat ikutan annual summit nya Google Local Guides. Belum lagi akses khusus lebih duluan dibanding yang lain seperti yang pernah aku dan beberapa local guides terpilih lainnya dapetin di awal tahun ini. Nyobain beta version Augmented Reality-nya Google Maps. Seru deh. 


Gimana sih caranya join local guides? Gampang kok, cuma modal smartphone dan akun google doank. Kamu cuma perlu download google maps di smartphone kamu, untuk pengguna android google maps udah auto download sih ya. Nah bagi kita pengguna iOS kita musti download dulu nih aplikasi google maps dari app store then aktifin "your contributions". Begitu aktif kamu bisa seliweran kemana aja, nantinya google bakal ngasih notifikasi kamu mau review tempat yang baru aja kamu datengin gak? Baru deh kamu kasih reviews yang pas gak sekedar 'tempatnya bagus', kasih bintang sesuai kualitas tempat tersebut. Tenang, kamu gak musti review tempat tersebut saat itu juga kok. Bisa aja ntar atau besok atau bahkan sebulan lagi klo kamu ada waktu luang. 
Yang penting konsisten sih ngasih reviewnya. Well, aku juga gak konsisten banget sih, Suka ngilang juga sampai ntar ada surat cinta dari Google Local Guides yang bilang kangen ama review-an aku. Baru deh aku review lagi, trus ilang lagi, gitu aja mulu. Hahaha. Selain konsisten reviewnya musti bener-bener review ya bukan cuma sekedar karena kamu pengen kejar level dan dapetin perks nya. Karena emang banyak beberapa review di Google Maps yang sekedar dua tiga kata doank. That's not help, dude! As Local Guides, you need to contribute more! Bukan cuma sekedar review dengan kata "rekomen!" bagus!" atau "jelek" tapi lebih detail. Karena secara gak langsung kamu ngebantu orang lain untuk tahu tentang tempat itu based on pengalaman kamu. Bukan pengalaman yang dibuat-buat, belum pernah ke tempat X tapi bikin review. Please jangan begitu ya!


FAQ GOOGLE LOCAL GUIDES  



Bulan lalu, aku redeem perks yang aku dapetin as Google Local Guide, Kaos Kaki Biru Gonjreng. Well, walaupun gak begitu suka biru, tapi aku penasaran buat redeem perks. Sebelum-sebelumnya aku gak pernah redeem voucher Fashion, Coffee, Hotel dan Travel karena emang gak kepake di aku. Nanti aku bakal update penampkan kaos kaki biru nya gitu nyampe!

Happy review-ing, guys!

Update : 23 Dec 2019
Kaos kaki biru gonjreng dari Turki sudah mendarat di Pekanbaru


15 comments:

  1. hahahah, kalau zaman foursquare tentu aja aku ngumpulin badgenya kak. Nah kalau di local guide alhamdulillah, pernah dapat potongan belanja, bus ampe menginap. mantaplah kak mut ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wohoo! Jumper juga ternyata! Seru sih ya ngumpulin badge di foursquare. Check in, ada event, dapat badge kece.

      Kaos kaki biru gonjreng baru aja serah terima dr kangpos td siang. Mayaan dari pada manyuun haha

      Delete
  2. Beneran baru tahu kalau kita ngereview bakal dapat point.jadi simbiosis mutualisme ya mbak, biar sama2 saling menguntungkan. Btw thanks banget infonya.

    ReplyDelete
  3. Dari kemarin aku mau daftar ini terus lupa lagi.. Baca ini jadi kepengen diseriusin hihi..tapi ah google perksnya kalo bisa yg lebih nganu gitu yak :))

    www(dot)jajan-nae(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya mba Nae, perks nya memang gak wow banget karena prinsipnya emang volunteerism. Perks cm bonus 😊

      Delete
  4. aselik! ini bener banget kak. "awalnya hanya coba-coba" hiahahaha, keseringan dapatnya itu voucher nginap dimana gitu dari apps apa gitu yaa kan.. jadi sekalian review, nambahin informasi, banyak orang tahu pun jadi ibadah buat kita, yeay!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wohoo! Udah join as local guides juga ya vin? Asyiiik ada temen. Eym! Bener banget vin. Sekalian ibadah ngasih info yg bener buat yang lain 😊

      Delete
  5. Hahaha local guide ini emang keren, kadang klo bosen g tau mau napain, buka dan submit reviewnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha bener banget muthe! Aku juga review dan ninggalin jejak klo bosan dan gak tau mau ngapain haha

      Delete
  6. Aku baru tau kalau ngereview bisa dapat poin , bagus juga bisa sekalian nambah informasi untuk yang yang lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dapet poin plus bonus dapet perks macem macem. Tp perks nya yaaa gak yg woow banget. Koentjinya sih volunteerism. Saling bantu, secara lokal pasti lebih paham tentang kotanya ketimbang pendatang

      Delete
  7. Baru tau. Aku nggak pernah sih nge review. Ternyata hal2 seperti ini adalah jasa tak ternilai dari local guides. Terimakasih lical guides

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iyaa. Karna yg paling tau soal daerahnya ya kita kita sendiri. That’s why google name it as local guides alias panduan warga. Biar reviewnya juga gak yg asal.

      Delete
  8. Makasih sharingnya mbak.. mau tanya nih mbak, saat redeem, poinnya berkurang atau tidak mbak?

    ReplyDelete

TELL ME WHAT YOU THINK