Search This Blog

Sunday, November 3, 2019

Tips & Trick : 13 Persiapan Liburan ke Korea

Heyhoo! Cuma beberapa puluh hari lagi menjelang akhir tahun dan pergantian tahun baru. Klo udah akhir tahun gini, banyak yang manfaatin buat liburan. Either bareng family, temen atau sendiri. Gimana planning liburan akhir tahun kamu? Seringkali banyak yang rencanain liburan akhir tahun sekaligus winter holiday. Ya gak sih? Apalagi kita penghuni negara tropis. Semacam butuh tempat liburan yang sembriwing dan gak panas. Lebih seru lagi klo ada saljunya.

jalan-jalan ke korea
Gyeongbokgung Palace, January 2018

Berhubung banyak DM via Instagram yang nanyain soal trip aku ke South Korea 2017 lalu, kali ini aku sengaja bikin satu blog post khusus tentang apa aja sih yang musti kamu siapin klo kamu mau jalan-jalan ke South Korea. Here you go~

1. WHEN
Menurut aku, sebelum ke South Korea dan mutusin untuk beli tiket, yang perlu kamu tentuin terlebih dulu sih kapan kamu mau traveling ke Korea nya. Winter (Musim Dingin : Des-Feb), Spring (Musim Semi: Mar-May), Summer (Musim Panas: Jun-Aug) , atau Autumn/Fall (Musim Gugur : Sep - Nov)
Maple leaves in Bukhansan
Setiap musim di Korea punya keunikan sendiri sih, tinggal kamu nya aja yang nentuin mau mampir ke Korea di musim apa. Atau juga boleh digilir. Jadi dalam setahun main 4 kali ke Korea di setiap musim. Hehe. 

2. WHERE
Udah punya list mau kemana aja selama Korea? Buat pecinta drama korea, pasti tahu banyak nih apa aja tempat-tempat yang wajib dikunjungin based on drama yang kamu ikutin atau lokasi syuting boyband kesukaan kamu. Too bad, I’m not a KPOP nor KDRAMA fans, aku gak punya list khusus, jadi selama 3 minggu lebih di South Korea aku memang explore beberapa provinsi dari utara ke yang paling selatan.

Fyi, South Korea itu punya 16 Provinsi, Seoul salah satunya yang juga sebagai Ibukota negara. Kota metropolitan di South Korea diantaranya Busan, Incheon, Daegu, Gwangju, Daejeon, Ulsan. Provinsi lain seperti Gyeonggi (Suwon), Gangwon (Chunceon), Chungcheongbuk (Cheongju),  Chungcheongnam (Daejeon), Jeollabuk (Jeonju), Jeollanam (Muan), Gyeongsangbuk (Daegu), Gyeongsangnam (Changwon),  dan Jeju yang merupakan Provinsi Pemerintahan Khusus. 

Jadi gak cuma Seoul aja. Ada banyak provinsi lain di South Korea yang layak banget buat kamu eksplor. Seriously, diantaranya yang jadi favorit aku Jeonju, Busan, Cheongsando di Jeollanam-do, dan Jeju. Mungkin buat kamu yang KPOP-ers dan pengen ketemu / ngeliat artis idola kamu, stay di Seoul aja udah cukup sih. Bisa explore agency artist, bisnis, tempat syuting artis yang kamu suka. 

3. LENGTH OF STAY
Berapa lama? Jawaban ini sih kamu sendiri yang bisa jawab. Based on jawaban dari poin dua sih. Kamu mau kemana aja? Cukup di Seoul doank, atau pengen explore kota lainnya di South Korea. Selain itu juga tergantung jatah cuti dan izin dari kantor kamu ya guys. Haha. Alhamdulillah buat yang gak perlu pusing mikirin jatah cuti 20 hari setahun haha. Kudos buat kamu yang waktu kerjanya fleksibel! Yeaay! Nah buat kamu yang punya jatah cuti, silahkan dipikirin mateng-mateng ya timingnya.

4. FLIGHT TICKET
Berhubung aku adalah tipikal yang klo jalan gak pernah direncanain, tapi based on impulsive buying. Hooh, seringkali beli tiket duluan karena promo baru cari tahu negara nya gimana haha. Seperti trip aku ke Korea 2017 lalu. Berawal dari nemu tiket murah kebangetan ke Korea di bulan Juni untuk flight di bulan Desember, aku mampir ke Korea yang notabene bukan top list negara yang pengen aku kunjungin.

Untuk flight ticket kamu bisa pilih opsi multi-city. Flight aku 2017 lalu sih emang multicity. KUL - ICN with Vietnam Airlines, transit di Hanoi, then balik Indonesia : ICN - SIN with Singapore Airlines. Saran aku, klo kamu mau mampir di Busan. Rute terbaik sih landing di Busan. Belanja di Busan lebih murah daripada Seoul. Jadi klo ada beberapa product yang kamu naksir di Busan, langsung bungkus aja. jangan ragu-ragu dan bilang "ntar aja deh di Seoul". NO NO NO belum tentu ada di Seoul, dan klopun  ada harganya juga sedikit lebih mahal di Seoul wlopun masih tetap affordable sih. Klo kamu apply visa sendiri, tiket pesawat gak wajib musti ada sih. Tapi klo kamu apply visa melalui agent atau pihak ketiga, pihak agent bakal minta bukti tiket pesawat PP. 

TIPS: 
beli tiket promo untuk full cost carrier! Such as Vietnam Airlines, Singapore Airlines, atau Garuda Indonesia. Harga tiket PP promo bisa separuh dari harga normal! 

5. HOTEL
Untuk hotel atau penginapan, kamu musti refer ke poin no 1,2,3. Tipe penginapan yang gimana? HOTEL? HOSTEL? MINBAK? JIMJILBANG? AIRBNB? COUCHSURFING? Bedanya apa? Beda fasilitas dan harga sis J

Stay di area mana? Kamu bakal explore satu kota aja atau beberapa kota. Untuk Seoul sendiri ada beberapa area yang bisa kamu jadiin pilihan buat tempat nginep diantaranya Gangnam, Hongdae, Itaewon, Myeongdong. Sebenernya tergantung selera dan tujuan kamu ke Korea juga sih. Sebaiknya pilih lokasi penginapan yang strategis ya, dekat station kereta, halte atau foodmart. 

6. VISA
Berhubung Indonesia dan Korea Selatan belum punya kesepakatan soal visa masuk lenggang kangkung hiphip hooray, jadi klo kamu mau nginjakin kaki ke Korea, kamu musti kudu wajib punya visa Korea Selatan di paspor kamu ya. Beda cerita kalo kamu direct flight ke Jeju dan cuma main di Jeju aja. Kamu gak perlu visa. Sama sekali engga perlu klo kamu cuma di Jeju aja yaaa. Gak pakai mampir ke BUSAN, JEONJU, SEOUL dkk yaaa. 
Visa Korea
Ribet gak? Engga ribet sih. Cuma ya musti teliti aja buat siapin dokumen yang dibutuhin. Klo kamu punya banyak waktu luang, apply sendiri aja. Gampang kok. Untuk Visa South Korea, aku bakal bahas terpisah ya J

7. ASURANSI
Asuransi ini wajib dan gak wajib sih. Klo aku sendiri, tipikal yang selalu traveling dengan asuransi. Amit-amit klo kenapa-napa entah flight delay, koper rusak, koper ilang, sakit, dan segala macam, kamu gak perlu worried. Karena udah prepared asuransi selama perjalanan. Asuransi yang seringkali aku pakai tiap kali keluyuran atau jalan-jalan sih AXA SMART TRAVELER. (Disclaimer : Bukan endorsement kok). Belinya gampang via website, nanti polis dikirim via email. harga juga affordable. Ada pilihan tahunan atau based on hari perjalanan. Ada juga pilihan satu negara aja, atau worldwide. Silahkan buat kamu yang mau kode promo AXA SMART TRAVELER: S04R083G



CLAIM GIMANA? So far aku belum pernah claim sih. Alhamdulillah gak ada kejadian apes yang bikin aku gunain polis yang aku punya. Mending prepared dari pada kenapaa-napa sih ya. Balik lagi ke kamu juga sih, tipe yang bekalin diri ama asuransi tiap kali traveling atau tipe yang yaudahsih jalan aja gak perlu banget juga. 

8. ITINERARY
Gak wajib punya sih. Buat kamu yang apply via agent atau pihak ketiga, kamu gak perlu repot siapin itinierary buat apply visa sih. Cuma klo kamu tipikal yang emang well prepared hari ini kemana, besok kemana, makan dimana, pup dimana sedetail itu, mungkin kamu bisa mulai rancang itinerary kamu sejak awal. Buat apa? Buat beberapa orang itinerary sih perlu karena ada tipikal traveler yang stick to the plan, biar gampang dan gak nyasar, biar waktu selama di South Korea nya well spent gak banyak mubazir.  

Buat tipikal yang go-show woles jalanin aja sih biasanya gak terlalu butuh itinerary. Well, aku termasuk tipe yang ini nih. HAHAHA, nyasar ya Alhamdulillah bisa explore sisi kota yang lain, gak punya planning hari ini jam segini musti kesini kesana. Biasanya sih lebih prefer hari ini explore area X, besok area Y tanpa detailed itinerary. Jadi balik lagi ke diri kamu masing-masing sih. Kamu tipikal traveler yang mana. 

9. TRANSPORTATION
Transportasi di South Korea bisa dibilang udah cukup maju sih. Kemana-mana kamu bisa ngandelin Subway atau Bus. Lebih nyaman subway sih, nah lagi-lagi ini depends on lokasi penginapan kamu juga, deket subway kah atau deket halte bus. Tinggal pilih kamu sukanya naik bus atau naik subway. 


T-Money
Kartu transportasi andalan yang wajib kamu punya selama di Korea yaitu T-Money. Kartu ini bisa kamu pakai buat bayar bus, subway, belanja di convenience store. Cara ngisinya gampang kok tinggal top-up aja di mesin-mesin yang tersedia di area subway station. yep, segampang itu. kayak e-money. 

10. INTERNET
Ada beberapa opsi untuk kebutuhan koneksi internet selama di Korea Selatan sih. Misalnya Pocket Wifi, SIM Card, International Roaming Package. 



Untuk koneksi internet selama liburan khusus wilayah ASIA biasanya aku selalu ngandelin Roaming Halo Telkomsel. Tinggal click di app, gak ribet. Untuk kamu yang bukan pelanggan prabayar telkomsel seperti simpati dan Kartu As, pricing nya lebih murah sih ketimbang halo. Selama 3 mingguan lebih di South Korea, aku ambil Paket Roaming Combo 30 hari seharga 425,000 IDR. Dapat fasilitas 500 menit nelfon, 500 SMS, 5GB Internet Kuota. Koneksinya lancar gak? Alhamdulillah lancar jaya. Cukup gak 5GB selama 3mingguan lebih di Korea? SEBENERNYA SIH CUKUP. Apalagi di hotel juga provide wifi. tapi buat aku engga HAHAHAHA, aku tambah paket internet selama 7 hari 2,5GB dengan harga 250,000IDR karena kebetulan aku juga bakal main di Singapore beberapa hari, jadi ya sekalian sih.  

Kenapa pakai halo roaming gak ganti simcard local aja? Anaknya anti ribet maaak! Huhu. Daripada aku gonta ganti kartu, dan nanti ada telfon atau akunya musti nelfon penting ke Indo, atau sekedar buat notifikasi transaksi kartu kredit yang aku pakai selama disana, jadi aku prefer pakai international roaming packages. Selain itu kamu juga bisa ngandelin wifi gratis sih. Dibeberapa spot seperti café atau subway station gitu. Cuma yaaa sebaiknya kamu punya koneksi internet sendiri kan yaa tanpa ngandelin yang gratisan. 

11. NAVIGASI
Selama di South Korea, kamu gak bisa dengan mudah ngandelin google maps. yep, better download app KAKAOMAP, KAKAOBUS, KAKAO METRO, KAKAO TAXI. ini lebih detail dan akurat. GOOGLE TRANSLATE? BUAT KAMU YANG GAK BISA NGOMONG DAN GAK NGERTI BAHASA KOREA? PERLU SEKALI ZAENAB! 


Aplikasi Wajib Download Selama di Korea

HAHAHA. well, gak semua orang Korea bisa speak english. apalagi klo main ke desa, belum lagi klo kamu main ke supermarket dan pengen tahu ingredients apa aja yang ada di dalam bungkusan makanan yang mau kamu beli, tapi gak ada mba atau mas SPG yang speak english. disaat itulah google translate bagai pangeran berkuda putih! preet lebay, tapi bener sih, sebutuh itu! tinggal jepret, translate! jadi google translate is a must! #thankstogoogletranslate

12. MONEY
Perlu tukerin dan bawa won gak dari Indo? IMHO, engga perlu Zaenab. Kamu bisa tarik tunai gitu kamu landing di aiport. as long as kartu debit kamu VISA / Mastercard dan kamu juga udah lapor ke pihak Bank nya bahwa kartu kamu bakal di pakai untuk transaksi di luar negeri. 

Gak bawa won sama sekali dari indo? engga, Zaenab. aku gak bawa won dari Indo. emang sengaja ngambil uangnya di Korea, karena engga tahu juga mau bawa berapa. Untuk tarik tunai aku pakai debit card, dan untuk transaksi belanja di store gede biasanya aku combine pakai kartu debit dan kartu kredit. Cash cuma aku pakai buat jajan di hawker food, top-up t-money, belanja souvenir di pinggir jalan. jadi aku cuma perlu telfon call center, untuk minta akses velocity Kartu Kredit transaksi luar negeri nya dibukain. 

Kartu Plastik Anti Ribet
Kurs gimana? masih affordable sih. Untuk debit card Bank Mandiri, aku dikenakan charge 25,000IDR per transaksi tarik tunai. Jangan sering-sering tartun dari debit card juga, mending ambil sesuai yang kamu butuhin selama disana. Selama 3 mingguan di South Korea, aku tarik tunai dari Debit card via ATM cuma 1x sih 200,000 won. Sisanya aku bayar bayar pakai kartu plastik!

TIPS: Korea bikin kalap belanja. lucu lucu semua pengen dibeli. haha. klo udah naksir satu barang dan kepikiran mulu, beli aja! belum tentu kamu nemu yang sama di tempat lain!

13. OUTFIT
Untuk outfit, tergantung kamu datang di musim apa. Sebelum brancuss, better cek suhu disana via accuweather. Jadi kamu bisa tahu gambaran, outfit apa yang perlu dibawa dan engga perlu dibawa. Sepatu? well, karena bakal banyak jalan kaki, aku saranin pakai sneaker atau sepatu yang nyaman kayak flat shoes. ya kecuali kamu gitu keluar hotel langsung naik taksi atau sewa mobil kemana mana, turun taksi/mobil sewaan langsung nyampe tempat yang kamu mau. Boleh deh bawa peralatan tempur heels alemong dkk. hihi. I know I know... zaman now mah #justforthegram yaaa. kaki pegel sakit urusan belakangan. haha. Last, Enjoy the trip sih kuncinya. 


Champion Flagship Store in Jung-gu, Busan
yang mau jalan-jalan ke South Korea udah sejauh mana nih persiapannya? 

Klo masih ada yang mau ditanyain soal persiapan jalan-jalan ke South Korea, silahkan tulis di kolom komentar di post ini ya, I will try my best to respond every single one of them. 



38 comments:

  1. So kira kira berapa advice diatas masib relevan ga kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah masih relevan semua kok bang. Silahkan di cobaaaa

      Delete
  2. so mantab, detail. cuma teman yg orang korea pernah kerja disini bilang kita hrs aware juga sama yellow dust nya, nah itu kapannya aku lupa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kak. Kebetulan pas winter disana lagi gak yellow dust sih. Tp tetep krn sensitif, jadi aku juga kemana mana pakai masker ala artis artis korea haha. Sebenernya sih idung gampang meler klo kena angin. Apalagi pas winter, lumayan windy hehe

      Delete
  3. Kak, tulis juga dong. Berpa bajet yg hrus disiapkan dari indo ke korea. Dari tiket pesawat Smpe nginepnya juga.

    Pen kesana juga duduk di tepi sungai han kyak di drama2 gtu.

    ReplyDelete
  4. Winter and Korea, arent they sound blended beautifully...? I really want to spend and feel how gorgeous Winter in Korea next year. InsyaAllah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indeed! Do visit Jeonju & Jeju! Highly recommended! So picturesque, Mbak Wulan!

      If you’re like me, and want to play like a carefree child in the beautiful, majestic lumps of powdery goodness that brighten Korea during the long, dark wintry months, the best months to visit is on Late December, January and February.

      Anyhow, winter in Korea is quite dry, so be sure to pack lots of skin cream and lip balm ya Mba!

      Delete
  5. Kak boleh dong sharing juga kakak milih penginapan nya gimana? Pindah pindah atau tetap disana sampai waktu balik ke Indo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Maya, berhubung aku city hoping jadi aku cm ganti hotel di tiap provinsi berbeda yang aku kunjungin aja. Stay di satu hotel untuk di satu kota. Anaknya anti ribet, males pindah pindah hotel. Haha

      Selama di Jeju, stay di satu airbnb aja untuk 3 harian. Selama di Busan juga stay di satu hostel, booking untuk semingguan. Walaupun aku mampir ke Suncheon, koper tetap keep di hostel Busan. Jadi ke Suncheon cm lenggang kangkung gak gerek2 koper.

      Ke Jeonju, aku stay di satu hostel juga untuk 4 hari.
      Di Cheongsando juga, stay di penginapan deket pelabuhan biar gak ketinggalan kapal. Hehe. Di Seoul juga gitu, stay di satu hostel juga selama 9 harian. Jadi yaa aku cm gonta ganti hotel klo pindah provinsi.

      Next time yaa aku bakal bahas terpisah soal penginapan dan trip Korea lebih detail

      Delete
  6. MAkasih banget sharingnya kk, Asyiknya bisa liburan ke korea. Xixixi... pengen juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. My pleasure, Dyah! Aamiin! Semoga kamu bisa liburan ke Korea asap yaaa

      Delete
  7. Aku nunggu list bujetnya aja deh. Impian ke Korea Selatan masih di tahap masuk ke dalam bucket list. Belum ada nabung dan persiapan lainnya. Semoga aja suatu saat kesampaian ke sana. Huhuhuhuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi azizah, aku udah tulis postingan khusus soal budget ke Korea. Kuy silahkan di cek di https://www.moodtya.com/2019/11/budget-traveling-ke-korea-selatan.html?m=1

      Delete
  8. Lengkap banget kaaak😍 Bisa nih dicatat mana tau kapan-kapan kesana. Btw, kayanya aku type yg apa2 d plan termasuk perjalanan, beda dgn kkk hehe. Aku nunggu list budget nya ya kak. Makasih sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah kamu anaknya well prepared yaa. Good! Untuk budget ke korea aku udah tulis di https://www.moodtya.com/2019/11/budget-traveling-ke-korea-selatan.html?m=1 silahkan di cek yaaa

      Delete
  9. I'm gonna bookmark this for my South Korean trip later. hahaha
    Ini termasuk bucket list aku nih, Kak. Semoga tercapai deh segera. Thank you for the tips dan salam kenal, Kak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mala! Salam kenal jugaa! Semoga bucket list kamu di tahun 2020 kesampaian yaa! Aamiin for that!

      Delete
  10. T-money card-nya lucuuuu. Aku fans drakor nih, jadi udah list objeknyg mau dikunjungi di korsel. Tapi, budgetnya belum ada. Hahaha. Sama aja boong yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi lagi kebagian yang model itu waktu mampir winter lalu mbaaa Meiri! Wah asyik nih klo fans drakor, jadi punya tujuan ke Korea haha gak kayak aku random now nothing about Korea selain musuhan ama Korut haha.

      Gpp mba Meir! Kata mama, dijadiin impian dulu aja. Nanti malaikat bantu aminin. Semoga berkunjung ke Korsel nya bisa terwujud secepatnya yaa mba Meiri! Aamiin

      Delete
  11. Keren, detail dan sangaat informatif! Nah, butuh tipsnya nih kak, kalau mantengin promo tiket, tanggal2 di bulan apa yg biasanya diskon gede ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Awul! Waduh aku tuh impulsif buyer! Gak punya timing khusus cek tiket promo kapan. Seringkali justru dapet notif by email dr Traveloka sih. Atau beberapa maskapai yg kebetulan aku emang punya miles card nya kayak SQ / Thai / GA

      Klo untuk diskon gede, coba main ke travel fair deh. Aku recommend travel fair nya SQ, apalagi klo kamu punya CC BCA. Travel fair SQ biasanya kuartal pertama. Nah untuk Garuda sendiri biasa nya either kuartal ketiga atau keempat tiap tahunnya.

      Tapi yaa gitu, ngantri luar biasa. Klo via app kan tinggal click aja tanpa perlu ngantri. Hehe

      Delete
  12. I love your detail information yg selalu menyeluruh kek gini mut. Wkwkkwkwkwkw informatif banget, membantu juga, semoga one day, ada masanya aku ngecekin ulang artikel ini buat bener2 ke Korea, aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anaknyaa rajin rajinan thri! Klo udah nulis semua yg keinget di tulis haha! Wlopun banyak lupanya ketimbang ingetnya. Apalagi klo di tanya soal arah, naik bis apa, subway yg mana, mmm.. udah deh! Gak inget sama sekali aku tuh haha

      Delete
  13. Saya pengin banget jalan-jalan ke luar negeri, salah satunya ke Korea Selatan. Yang membuat saya makin tertarik ke sana itu adalah musimnya yang banyak daripada di Indonesia. Pengin nyobain sensasi yang beda aja gitu, saya bookmark deh postingan ini, bermanfaat banget! Thanks ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. First thing first, kamu musti pilih dulu nih mau ke Korea nya musim apa, Ardi!

      Semi kah? Angin sembriwing, bunga bermekaran.
      Gugur kah? Angin sembriwing, daun berguguran, daun coklat keemasan dimana mana.
      Winter kah? Ngincer salju pertama turun atau ngincer salju yg numpuk menggunung di mana mana.

      Anyhow, semoga jalan2 ke Korea terwujud secepatnya yaa! Aamiin

      Delete
  14. Koreaaa,di save aja dulu nih infonya. Ngebantu banget ini. T-money juga udah gampang banget yaa disana. Bentar deh coba ngelist trip yang ga disangaka-sangka tahun ini buat korsel hihii. Kali aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ebi! Iya T-money itu emang e-money nya Korea. Gitu landing di Incheon Airport, kita bisa langsung beli di convenience store, tinggal top-up tadaa bisa langsung di pakai deh. Masa aktifnya juga lama, sampai 5 tahun.

      Delete
  15. Waah.. ternyata di Korea, aplikasi Kakao berekembang banget ya. Yang ku tau cuma KakaoTalk, ternyata juga ada KakauMaps, KakaoBus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang! Gmaps gak gitu akurat di Korea. Jadi memang perlu buat download variasi app dari Kakao. Kakao Maps dan Kakao Metro kepake banget sih selama disana. Akurat dan gak pakai drama salah metro atau nyasar lagi.

      Delete
  16. After baca ini ku jadi tau, ternyata ke Jeju gak perlu Visa. Tapi ke lain-lain butuh yaa, and yes dapat tips kalau mau jajan yang lucu jangan di seoul. Agak mehong, sip Kak ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa klo mau cuss tanpa visa, langsung ke jeju aja cic! Tapi jangan pakai mampir ke provinsi lain yaa! Main di jeju ajaa!

      Hehe iyaaa baru ngeh pas di seoul sih, eh kayaknya kmrn jajan di busan tiap jam cash gw gak abis abis, knp di seoul cepet kehabisan cash yaa. Hahha

      Delete
  17. Mau juga dong info budget yang dibutuhkan, hihihi.. trs kalo bawa anak rekomen pergi di musim apa yah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear kak helen, Untuk budget ke korea aku udah tulis di https://www.moodtya.com/2019/11/budget-traveling-ke-korea-selatan.html?m=1 silahkan di cek yaaa

      Klo bawa anak aku suggest di awal May kak, pas musim semi. Gak begitu dingin, gak begitu panas. Masih disuhu sembriwing 20°C

      Atau di awal oktober, pas awal musim gugur

      Delete
  18. wadidaww keren kali kak.. kami apalah yang jalan-jalannya bangkinang pekan aja nyo.. wkwk semoga 2020 ni bisa bejalan-jalan lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kamu mah suka ngerendaaah. Semoga 2020 bisa jalan jalaan yaaa

      Delete
  19. mantab persiapannya sangat ringkas padat dan jelas. yang mau ke korea ini tmn geng ku dan mungkin thn depan kami mau kesana... makaish kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyiiik! Muthe and the genk goes to Korea 2020! Have fun yaa muthe!

      Delete

TELL ME WHAT YOU THINK