Search This Blog

Saturday, November 30, 2019

Q&A : Visa Korea Selatan

Happy Sunday, Good people! Enjoy your weekend!

Well o well, berhubung udah banyak blogger lain yang bahas gimana cara apply visa Korea, kali ini aku bakal fokus bahas pertanyaan-pertanyaan yang seringkali muncul gitu kamu mau apply visa Korea Selatan ya. yep, I know pertanyaan sepele tapi seringkali bikin kamu galau.


Jeonju Hanok Village, 2017


Pengalaman pribadi aku waktu apply visa Korea Selatan 2017 lalu melalui agent, gak begitu ribet sih cuma ya syaratnya emang banyak aja yang musti dilengkapin. Aku ngurus via private tour Dearestjinhee, bukan Dwidaya Tour seperti biasa. Waktu itu sih alasan kenapa aku milih Dearestjinhee lumayan bego sih ya "mungkin dengan biaya pengurusan yang lebih mahal pasti approve". Tahun 2017, Dearestjinhee minta 1jt untuk visa, while agen travel resmi lain yang diakui ama Kedutaan Korea cuma IDR 650.000. 

Karena waktu itu si muti geblek ini baca di beberapa blog bahwa visa korea itu susah-susah gampang dan chance approve gak tinggi, bisa aja ditolak walaupun kita udah sering wara-wiri ke negara lain, jadi yaa daripada ditolak pilih yang jual service biaya paling mahal sekalian aja biar chance approve nya tinggi. TERNYATA ENGGA BEGITU! 

VISA KOREA SELATAN DI APPROVE ATAU ENGGA ITU BASED ON BERKAS DOKUMEN KITA BUKAN SIAPA AGENTNYA. CATET YAA!

APPROVE? Alhamdulillah, approve. Tanpa mendiskreditkan dearestjinhee, boleh dibilang approve karena emang syarat dokumen aku lengkap dan track record aku as traveler juga baik-baik aja. Gak pernah di deportasi, gak pernah bikin ulah, gak pernah ngelangar aturan klo lagi melancong ke negara orang.

Okay, kali ini mari kita bahas pertanyaan pertanyaan yang seringkali ditanyakan ketika kamu mau apply visa Korea! Biar lebih gampang dan rapih, kamu bisa download checklist berkas disini.

APA AJA SIH BERKAS DOKUMEN VISA KOREA?
  1. Paspor Asli, minimal berlaku 6 bulan saat keberangkatan, lampirin juga paspor lama 
  2. Fotocopy Halaman Identitas Paspor, 1 lembar
  3. Foto 3,5cm x 4,5cm , 1 lembar, berwarna dan terbaru dengan background putih
  4. Surat Rekomendasi ASLI dari Kantor pakai kop surat resmi kantor, ditulis dalam Bahasa Inggris jangan bahasa Prancis ya, yang nyatain alasan apa kantor ngizinin ke Korea
  5. Fotocopy Kartu Keluarga yang ada nama kamunya ya, jangan punya orang
  6. Fotocopy KTP
  7. Referensi Bank ASLI yang nyatain bahwa tabungan kita gak bermasalah
  8. Bukti Keuangan Pribadi berupa Fotocopy Rekening Koran 3 bulan terakhir. Aku lampirin rekening koran dari Mandiri dan BCA
  9. Fotocopy semua cap perjalanan keluar negeri yang ada di paspor + cap visa nya
  10. Surat Permit Ortu ASLI, karena aku pergi sendiri tanpa orang tua, jadi wajib lampirin Permit Letter yang ditandatanginin ama Ayah diatas materai 6.000 buat lebih meyakinkan klo aku ke Korea engga ngejar oppa-oppa dan minta dinikahin atau join girlband gadungan hahaha
  11. Surat Keterangan Kerja ASLI dari Kantor, beda ya sama surat rekomendasi dari kantor. Ditulis di atas kop surat perusahaan berisi tanda tangan dan stempel asli. Dalam surat ini harus ada masa kerja, jabatan, dll serta nomor telfon HRD yang bisa dihubungin.
  12. Tiket Pesawat, bukti pembelian, bukan dummy booking.
  13. Bukti Booking Penginapan, boleh dummy booking kok. tapi usahain selama visa kamu masih dalam proses jangan di cancel dulu ya. Bisa aja pihak kedutaan random check. 
  14. Formulir Visa Korea, bisa kamu download disini
Selain itu aku juga lampirin, dokumen tambahan seperti:
  • Fotocopy NPWP 
  • SPT Pajak 1770S ASLI bukan Fotocopy atas nama aku pribadi
  • Fotocopy ID Card, ituloh yg suka digantungin dileher buat pamer kita kerja dimana. hehe
  • Slip Gaji 3 bulan terakhir ASLI, berhubung aku juga punya penghasilan lain yang gak pakai slip gaji, aku tambahin bukti transaksi di rekening koran via BCA 

FREQUENTLY ASKED QUESTION (FAQ)

BERKAS DOKUMEN APA AJA YG MUSTI KAMU SIAPIN UNTUK APPLY VISA? 

Make sure, list berkas dokumen No.1-14 yang aku sebutin diatas komplit ya. Biar lebih lengkap dan meyakinkan, kamu bisa lampirin dokumen tambahan seperti yang aku tambahin. Harus semua? Mending lebih daripada kurang ya kan? Nantinya pihak KVAC bakal ngurangin atau justru minta tambah dokumen lainnya demi kepentingan pemeriksaan. 


JANGAN SEKALI SEKALI KASIH DOKUMEN PALSU, KAMU BISA DICEKAL UNTUK MASUK KOREA ATAU BAHKAN DILAPORIN KE PIHAK BERWAJIB! NO TIPUTIPU YA! 

Isi formulir permohonan visa dengan lengkap ya. Klo form visa kamu diisiin ama pihak travel, pastiin lagi apakah semua bagian di tulis dengan benar termasuk dokumen persyaratan. Pastiin isinya berdasarkan fakta jangan dikarang karang. Isi alamat tempat tinggal sekarang, nomor telfon tetap, sama nomor ponsel kamu, bahkan pendidikan terakhir jangan dikosongin. Jangan lupa formulir permohonan visa nya di tandatanganin ya. 

BUKTI DOKUMEN KEUANGAN APAKAH HARUS 3 BULAN TERAKHIR? 
YASSH! Masa berlaku semua dokumen yang akan diserahkan ke KVAC adalah 3 bulan terakhir sejak tanggal penerbitan kecuali jika ada periode masa berlaku yang ditetapkan. Sebenernya pihak KVAC ngasih 5 opsi untuk bukti dokumen keuangan diantaranya :
  • Rekening Koran 3 bulan terakhir, ASLI bukan dalam bentuk deposito ya
syarat visa korea
  • Slip Gaji 3 bulan terakhir, ASLI
  • Pajak Tahunan Terakhir (SPT PPH 21), ASLI
  • BPKB Kendaraan Roda Empat (Mobil milik pribadi) atau Rumah
  • Billing Kartu Kredit 3 bulan terakhir
Untuk Visa Wisata Umum. yang bukan diurusin oleh Travel Agent, kita wajib pilih 2 diantara 5 opsi diatas untuk diserahin ke Pihak KVAC. 

DIMANA LOKASI PEMBUATAN VISA KOREA?
Terhitung sejak 2 Mei 2019, pengurusan visa Korea engga lagi di Kedubes Korea di sebelah RS Medistra tapi udah di KVAC yang berlokasi di Lotte Shopping Avenue, Lantai 5 (Jl. Prof. DR. Satrio No. 3-5, Jaksel). Jam Operasional dari jam 09:00-15:00 WIB. 

BERAPA BIAYA PEMBUATAN VISA KOREA?
Ada beberapa macam Biaya Pembuatan Visa depends on Jenis Visa yang akan kamu ajukan
  1. Single Visa (Visa Kunjungan di bawah 90 hari)  = IDR   544.000,-
  2. Single Visa (Visa Kunjungan di ats 90 hari)        = IDR   816.000,-
  3. Double Visa (2x masuk Korea, berlaku 6 bulan) = IDR   952.000,-
  4. Multiple Visa (Berlaku untuk 5 tahun)                = IDR 1.224.000,-
Nah pengajuan visa di KVAC sedikit beda nih ama Kedubes terkait soal biaya. Sebelum masuk di KVAC kamu udah harus bayar biaya visa dengan datang ke KEB HANA BANK di lokasi, dan beli visa stamp yang bentuknya kayak perangko. Harganya? Fluktuatif, depends on kurs Won. 

Selain biaya diatas, nantinya kamu juga harus bayar sebesar IDR 196.000,- as Jasa KVAC (mirip VFS untuk Visa Schengen atau UK)

Biaya Visa Wisata Single dibawah 90 hari, dan diurus sendiri tahun 2019:
= IDR 544.000 +  IDR 196.000
= IDR 740.000, -
Kurang lebih IDR 750.000~800.000 ngikutin kurs Won saat kamu apply ya.

Biaya visa TIDAK DAPAT DIKEMBALIKAN apabila kamu ngajuin pembatalan pembuatan visa atau bahkan pengajuan visa kamu ditolak oleh Pihak KVAC ya. DADAH BABAI BEBERAPA LEMBAR MERAH SOEKARNO HATTA!

LEBIH PRAKTIS APPLY VISA SENDIRI ATAU DENGAN BANTUAN AGENT? 
Jawaban ini sebenernya kamu bisa tentuin sendiri based on yang coba aku jabarin disini ya...
  • Untuk kamu yang berdomisili di luar Jakarta, khususnya Pekanbaru, aku saranin lebih baik pakai pihak ketiga atau travel agent, which is cuma ada 44 travel agent resmi yang ditunjuk ama KVAC. Kenapa? Hemat waktu dan hemat biaya transportasi dan akomodasi PP PKU-CGK. Syarat yang biasanya memberatkan dari agent adalah minimal saldo tabungan sebesar 50 juta pada rekening koran kamu. yep, you read it clearly, 50 JUTA!
  • untuk kamu yang memang punya waktu lebih, dan sempet untuk ngurus sendiri ke KVAC di Lotte Shopping Avenue Jakarta Selatan, sok atuh silahkan di urus sendiri, dengan bawa berkas dokumen seperti yang udah aku sebutin di atas. Gak pakai syarat minimal saldo tabungan 50 Juta kok. 
BERAPA SIH SALDO MINIMAL DI TABUNGAN KLO APPLY VISA KOREA SENDIRI TANPA AGENT ATAU PIHAK KETIGA?
Gak ada hitungan pastinya sih. Dari KVAC sendiri juga gak ada ketetapan musti minimal 50 juta. Saldo 50 juta emang ketetapan pihak travel agen aja. Tapi biasanya beberapa orang yang ngurus visa sendiri selalu praktekin rumus ini: BIAYA HIDUP HARIAN x LAMA STAY + BIAYA TAK TERDUGA (TIKET)

Biaya hidup harian? gimana ngitungnya? Biasanya hidup di Korea itu KRW 100.000/hari atau IDR 1,3jt.  Biar gampang ngitungnya patokan yang dipakai IDR 1.500.000/hari aja ya. Kenapa biaya tak terduga dalam kurung tiket pesawat? In case, kamu ketinggalan pesawat, kamu masih punya duit untuk beli tiket lagi. amit-amit, jangan sampai kejadian ya! Tiket one way dari Korea ke Indonesia berapa? Minimal IDR 5.000.000,-

SALDO MINIMAL TABUNGAN UNTUK JALAN-JALAN DI KOREA SELAMA 6 HARI:
= (1,5jt./hari x 6 hari) + 5jt
= 9jt + 5jt
= 14 Juta

Jadi, klo mau apply visa Korea sendiri untuk stay selama 6 hari disana, saldo tabungan minimal kamu boleh kok cuma IDR 15 juta atau lebih. Dengan catatan, rekening aktif ya. bukan rekening tabungan simsalabim. tiba-tiba ada duit nongol 15 juta di hari terakhir sebelum kamu cetak buku tabungan. Jangaaan Marimar. Dicakepin aja rekeningnya dari 4 bulan sebelum kamu berangkat.

Di Korea 6 hari habis 15 juta? engga sheyeeenk! tergantung kamu nya, pengeluaran sehari di Korea nyampe 1,5jt gak? klo engga ya bisa lebih hemat dari itu. Bahkan aku pernah baca ada yang habisin  2 Juta doank selama seminggu di Korea. Tiket dan Hotel udah dibayar duluan yaa gak include. 2 juta ini biaya hidup seminggu dia di Korea (makan + transportasi + tempat wisata) WOWsih!

GIMANA PROSEDUR APPLY VISA SENDIRI TANPA AGEN?
Siapin berkas seperti yang udah aku sebutin diatas, then sebelum ke KVAC, mampir dulu ke KEB HANA BANK buat beli visa stamp untuk bayar biaya visa. Nah gitu datang ke KVAC, kita ambil nomor antrian, lalu duduk manis nunggu panggilan. Gitu dipanggil, serahin berkas dokumen yang udah disiapin dalam satu bundle, jangan dipisah-pisah apalagi nyecer-nyecer. Petugas KVAC bakal ngecek kelengkapan berkas dokumen kita, dokumen yang dianggap gak perlu bakal dibalikin, dokumen yang kurang bakal diminta buat lengkapin lagi. Biasanya pas cek ricek ini, petugas KVAC bakal nanya-nanya dikit soal itin kamu selama di Korea, kemana aja, ngapain aja. Gitu pemberkasan selesai, kita bakal terima satu lembar kertas sebagai bukti ambil pasport nantinya. Biasanya proses pembuatan 6 hari kerja. Weekend dan tanggal merah jangan diitung ya. Nah, sebelum balik lagi ke KVAC dihari yang ditentuin kamu bisa pantau proses aplikasi visa kamu via website.


APPLICATION STATUS VISA KOREA

Masukin nomor paspor, nama (nama belakang, nama depan), tanggal lahir, then klik search! Klo status aplikasi visa kamu approved, kamu bisa langsung ke KVAC di waktu jam pengambilan paspor yakni jam 10:00-15:00 WIB

KAPAN SEBAIKNYA MULAI APPLY VISA KOREA?
Visa Korea itu punya masa berlaku 90 hari atau 3 bulan sejak dikeluarkan. Kapan sebaiknya kamu apply? Menurut aku sih timing yang pas buat apply visa Korea itu 1 (satu) bulan sebelum tanggal keberangkatan. Jangan kecepatan juga, ngapain kamu apply 2 bulan sebelum berangkat. Bahkan 2 minggu sebelum berangkat juga masih bisa kok dengan perkiraan no hari libur yang menganggu. Karena visa Korea prosesnya bisa 8-10 kerja. As long as kamu yakin berkas kamu komplit dan gak ada chance ditolak.

Aku apply visa Korea via pihak ketiga tanggal 8 November 2017, dan visa Korea approved 15 November 2017. Pas 6 hari kerja. Kok cepet? Iya, untuk visa via agent biasanya memang lebih cepat selesainya dari pada yang urus sendiri. Wallahu A'lam juga sih ya.




Misal, tanggal keberangkatan kamu 20 Januari 2020, kamu masih sempet kok buat apply visa tanggal 2 Januari 2020. Dengan catatan berkas sudah di terima KVAC tanggal segitu ya. Bukan baru cuss ke Jakarta tanggal 2 Januari dan baru mampir ke KVAC nya 6 Januari ya. No! Gak keburu ntar visa nya.

2017 lalu aku suka mampir di blognya Kak Ariev Rahman (www.backpackstory.me). Di blognya Kak Ariev bahas lengkap gimana cara ngisi formulir visa Korea dengan gaya tulisan kocak khas nya Kak Ariev. Tercerahkan banget deh dengan tulisannya Kak Ariev. Monggo yang masih bingung ngisi form visa Korea silahkan main ke blog nya Kak Ariev. Gak cuma soal visa Korea doank, banyak tulisan Kak Ariev lainnya yang bisa kamu baca soal traveling.

Apalagi ya yang paling sering ditanyain? Klo masih ada yang belum terjawab, silahkan tulis di kolom komentar yaa :)

Untuk format surat-suratan yang kamu butuhin silahkan di download disini ya. Anyeong!

Semoga lancar yaa urusan visa-visa-an nyaa! :)


12 comments:

  1. Wah, Banyak bet ya berkas yang mesti di siapin. Ane save baik-baik dulu info ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iyaa bang. Untuk Visa Korea berkasnya mayan banyak dan mesti teliti juga.

      Delete
  2. wah lengkap banget ni mba mut ulfah. Sampe bingung mau komentar hahahaha. terima kasih udah share ya, mana tau aku pindah kesana ada disini semua infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah harus banget yaa pakai mbamutulfah 😂 hahaha klo pindah kesana gak pakai visa C3 bang. Pakai visa lain lagi. Beda prosedural lagi 😁

      Delete
  3. Asli ini bisa jadi panduan lengkap kalo ntar mau liburan (mudah2an). Makasih buat info lengkapnya mba, salam kenal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin! Semoga liburan ke Koreanya jadi yaa mba Tika! Salam kenal juga 😊

      Delete
  4. Sebagai org males ngurus dokumen udh seneng aja pengen ngasih ke pihak ke3. Tp pas liat saldo minimalnya 50 juta langsung ciut hahaha, urus sendiri aja apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi. Tapi buat aku urus via pihak ketiga buat visa korea ini kemarin lumayan ngebantu sih Kak Helen. Krn emang gak sempet bolak balik jakarta. nah berhubung sekarang ngurusnya udah di KVAC Lotte, sepeertinya sambil weekend getaway sih asyik yaa buat apply sendiri tanpa bantuan agen

      Delete
  5. ooo tenryata gitu ya, makasih udah dibuatkan secara rinci. anak2 geng pada ingin ke korea tapi mut masih bingung hhahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyyyik, sini sini...anak geng mumut touring bareng aku aja. bisa open trip ke korea nih haha

      Delete
  6. Enak kali ya bisa jalan-jalan ke Korea. kemaren aku di beri kesempatan buat jalan-jalan ke jepang... tapi sayang, telat ngurus VISA.... syedih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok ya aku bacanya malah seneng ya bang hahaha!
      Hashtag seneng ngeliat bang mirwan syedih

      Delete

TELL ME WHAT YOU THINK