Search This Blog

Sunday, November 17, 2019

Berapa sih biaya Liburan ke Korea?

jalan jalan trip korea

hey there!
buat kamu yang kepengen jalan-jalan ke Korea Selatan selain list apa aja yang kamu musti siapin, kamu juga biasanya mulai ngitung-ngitung nih estimasi biaya yang harus kamu siapin. yep, pasti banyak deh diantara kamu yang bertanya-tanya dan belum punya gambaran detail soal berapa duit sih yang kamu musti siapin buat jalan-jalan cantik ke negerinya para oppa alias South Korea! Okidokie! As requested, kali ini aku bakal bahas dan kupas tuntas budgeting travelling di Korea.

TIKET PESAWAT
ada banyak maskapai yang terbang langsung dari Indonesia ke Korea Selatan. Untuk Full Service Carrier (FSC) ada maskapai Garuda Indonesia, Korean Air, Asiana. Lama penerbangan untuk direct flight CGK-ICN biasanya kurang lebih 7 jam. Beda cerita, klo non direct flight. ada beberapa maskapai yang transit atau long layover di negara tertentu. Nah, saran aku pilih direct flight atau klo pun transit, pilih yang auto transfer yaa jangan yang self transfer.

Aku pribadi pilih Full Service Carrier, yep, Maskapai full service. Kenapa? fasilitas dan kenyamanan. Kursi dan ruang kaki yang nyaman is a must untuk long flight. Jadi, buat aku no compromise. gak lucu aja sih mau liburan gegara selisih harga sedikit malah milih naik low cost carrier yg ruang kaki  sempit dan kursi nya kurang nyaman, eh gitu landing, badan jadi pegel-pegel sakit-sakit trus nyari mba pijet gak ketemu dan jadinya gak enjoy liburan. cuma kursi dan ruang kaki aja? oh tentu tidak, Zaenab! klo naik full service carrier kamu bakal disuguhi full course meals gratis (2x) dan freeflow minuman (iya boleh minta minuman apa aja selama penerbangan), selimut, bantal, slipper bahkan kaos kaki selama penerbangan. Free Bagasi 30 kg dan cabin 7kg yang semuanya udah include di harga tiket yang kamu bayar. Bahkan untuk yang punya frequent flyer, dapat free additional bagasi. 

Untuk low cost carrier, such as Air Asia (AA), Kamu musti bayar biaya tambahan untuk bagasi, makan, selimut, bantal. yep, no free in-flight meals. Untuk bagasi dihitung per 10 kg. Ruang kaki yang lebih sempit, dan kursi yang biasanya punya kapasitas terbatas untuk diselonjorin ke belakang. 

HARGA TIKET PP RUTE CGK - iCN - CGK
Low Cost Carrier : 2.700.000 IDR untuk harga promo; harga normal 5.000.000 IDR
Full Service Carrier : 5.500.000 IDR untuk harga promo; harga normal 8.000.000 IDR

Kapan sih sebaiknya kamu beli tiket buat dapetin harga yang bersahabat? gak ada pakem atau aturan khusus sih, tapi biasanya tiket dengan harga murah itu 4-6 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Mau dapet tiket promo? Main ke Travel Fair deh. Beberapa teman aku, nemu tiket murah di travel fair dan tambahan discount pembelian dengan kartu kredit.

Untuk pembelian via Traveloka atau Skyscanner based on pengalaman, aku selalu beli tiket di hari Selasa atau Kamis. Karena emang aku free dan magabutnya di hari itu sih haha. ya namanya rezeki ya, Allah yang ngatur. Mau kamu berusaha kayak gimana pun, klo Allah bilang bukan rezeki kamu, ya berarti emang belum rezeki kamu. :)) Bisa aja rezeki kamu dapat tiket murahnya, 2 minggu sebelum berangkat. who knows!
  
VISA
Untuk visa, kamu bisa apply langsung sendiri atau apply via pihak ketiga. Klo diurusin ama pihak ketiga IDR 910.000, max 1jt termasuk biaya ekspedisi pengiriman berkas. Klo kamu apply sendiri langsung ke Kedutaan IDR 544.000 (single visa), diluar biaya trasnportasi ya. apalagi buat yang diluar Jakarta, biaya pesawat, biaya akomodasi jangan lupa dihitung ya. tapi... ada tapinya nih, untuk apply visa Korea via Pihak ketiga memang mewajibkan jumlah saldo rekening di tabungan minimal 50 Juta Rupiah. iyaa kamu gak salah baca kok, memang saldo tabungan minimal lima puluh juta rupiah.  Tulisan tentang VISA KOREA SELATAN, aku bahas terpisah ya.

PENGINAPAN
beda area, beda tipe, beda fasilitas, beda harga. 
klo kamu mau stay di Hotel, harganya mulai dari IDR 650.000 /night
klo kamu mau stay di Airbnb, harganya mulai dari IDR 450.000/night per person
klo kamu mau stay di Hostel, harganya mulai dari IDR 250.000 /night per person

untuk harga hostel variatif. Tergantung dari fasilitas yang disediakan, tipe kamar, dan juga area. ada tipe private ada tipe dorm. Klo private kamar sendiri buat kamu. Nah untuk harga yang aku listing di tas itu price range dorm ya. Dorm ini yang gimana? sekamar ada 4 tempat tidur gitu, yep kayak kamar asrama. ada pilihan lagi nih, khusus cowok, khusus cewek, atau campur bisa cewek dan cowok. saran aku, untuk milih hostel, pilih yang rate reviewnya minimal 9,0 dan di review lebih dari 100 orang. Hal lain yang perlu kamu cari tahu adalah kapan dibangun atau renovasi terakhir. klo baru direnovasi, lebih asyik, masih serba baru. Biasanya hostel itu shared bathroom. yep, kamar mandi bareng. tapi khusus wanita dan pria dipisahin kok. Beda lantai. 

Nah dari list harga di atas kamu udah bisa dapet gambaran kan yaa berapa harga kamar per malam di korea, yep untuk hotel mulai dari 650,000IDR/malam, dan untuk hostel tipe dorm khusus wanita mulai dari 250.000IDR/malam. Bahkan bisa dapet setengah harga klo kamu booked jauh-jauh hari sih. 

Biasanya aku selalu pesen penginapan di app agoda. kenapa agoda? karena ya lebih convenience aja. Free Cancelation, Book now, pay later. Bonus rewards point yang bisa diakumulasi ke frequent flyer miles. Promotion Discount mulai dari 5-10% yang selalu ada tiap minggu. Nah, klo udah jadi Agoda VIP, bakal dapat 15% additional discount lagi di setiap pemesanan penginapan yang ikutan VIP program. (Disclaimer: Gak di endorse ama Agoda ya. Pure pengalaman pribadi aku. Sharing is Caring)

TRANSPORTASI
T-Money.
T disini maksudnya "travel, touch, traffic, and technology". Kartu sakti multifungsi. Bisa buat bayar subway, citybus, taksi, belanjaan di convenient store, beberapa store fast food, kosmetik, loker sampai tempat wisata. yep, T-money itu praktis, tinggal tapping. Sama kayak kartu Suica atau Pasmo. Harga Kartu T-money = KRW 4,000 = IDR 52.000, belum termasuk saldo ya. Saldo top-up sendiri.

M-Pass
Mirip ama Tokyo Metro Pass atau Moscow Metro Pass, semacam kartu transportasi dengan batas waktu. Untuk pembeliannya cuma ada di Meja Informasi Utama Arrival Gate Incheon Airport, Seoul Global Culture & Tourism di Myeondong dan Gangnam Tourist Information Center. Buat dapetin M-Pass kamu musti isi form, karena emang M-Pass ini lebih ditujukan buat turis. M-Pass ini punya expire date 1 bulan sejak pembelian. Harganya relatif mahal, kecuali kamu emang pengen pergi ke banyak tempat sesuai durasi paket M-Pass yang kamu beli. Bisanya cuma 20x pemakaian per hari dan hanya moda transportasi tertentu engga semua ya. Yang gak bisa pakai M-Pass itu Shinbundang Line (DX Line), Gyeongchun Line (ITX Line), AREX, dan Redbus (Seoul City Tour Bus)

Harga M-Pass
1-day Pass: KRW 10.000 | 3-day Pass: KRW 25.500 
5-day Pass: KRW 42.500 | 7-day Pass: KRW 59.500
Harga belum termasuk biaya service KRW 500 dan biaya deposit KRW 4.500 (refundable). M-Pass ini juga bisa dipakai sekalian jadi T-Money buat transaksi belanja di Convenience store atau bayar taksi, caranya isi saldo atau di top-up layaknya T-money. 

Fyi, harga subway untuk sekali perjalanan adalah KRW 1.350, klo pakai T-Money cuma KRW 1.250 atau seharga IDR 16.250. Means, klo isi T-Money 10.000KRW kamu cuma bisa naik subway 8x. Sedangkan klo pakai 1-day M-Pass 10.000KRW kamu bisa naik subway maksimal 20x perhari. Nah, balik lagi ke kamu mau pilih T-money atau M-Pass, tergantung berapa banyak area yang pengen kamu sambangi dan berapa banyak penggunaan subway yang kamu butuhkan dalam sehari menuju tempat yang kamu pengen sambangin itu. Coba deh di itung-itung sendiri. 

BIAYA KOMUNIKASI
Untuk komunikasi, sebagai anak millenial biasanya kita butuh Kuota. yuhuu.. koneksi internet. Seperti yang aku pernah bilang di postingan sebelumnya, untuk koneksi internet kamu bisa ngandalin Free Wifi, Pocket Wifi, SIM Card atau International Roaming Package. 

Pocket Wifi            :  IDR   60.000 /hari; unlimited data, minimum peminjaman 3 hari. 
SIM Card               :  IDR 250.000/ minggu; 1,8GB data only.
Roaming T-sel       :  IDR 340.000/ minggu; 2,5GB data, 500 mins calls + 500 sms to Indonesia

Untuk koneksi internet selama liburan khusus wilayah ASIA biasanya aku selalu ngandelin Roaming Halo Telkomsel. Tinggal click di app, gak ribet. Untuk kamu yang bukan pelanggan prabayar telkomsel seperti simpati dan Kartu As, pricing nya lebih murah sih ketimbang halo. Selain itu kamu juga bisa ngandelin wifi gratis sih. Di beberapa spot seperti café atau subway station gitu. Cuma yaaa sebaiknya kamu punya koneksi internet sendiri kan yaa tanpa ngandelin yang gratisan.

Silahkan dipilih yang pas menurut selera kamu, pocket wifi lebih enak dipakai klo kamu pergi gerombolan 4-5 orang. jadi biaya perhari bisa sharing dan jatuhnya jauuuh lebih murah. Klo pergi sendiri, Roaming telkomsel lebih affordable dengan kuota 2,5GB data plus bonus telfon sms ke Indonesia, gak ribet gak perlu ganti kartu. dari segi harga juga jatuhnya lebih bersahabat ketimbang kamu ganti SIM Card local Korea. 

TEMPAT WISATA
Buat kamu yang suka historical & cultural visit, pasti deh pengen mampir dan lihat langsung kedigdayaan Dinasti Joseon di Korea dengan ngunjungin Istananya. Biaya masuk untuk ngunjungin semua kawasan istana di Seoul KRW 10.000 = IDR 130.000 

Buat yang mau mampir ke wahana bermain, ada Lotteworld yang biaya masuknya KRW 16.000, atau ke wahana bermain yang udah gak dipakai tapi masih lucu buat foto-foto dengan spot instagramable, kamu bisa mampir ke Yongma Land, entrance fee nya cuma KRW 5.000

tempat instagramable di korea
Yongma Land
Buat yang pengen nonton live pertunjukan komedi masak akrobatik ala Nanta biayanya IDR 350.000. Buat yang mau main ke Naminara Island, Entrance fee KRW 10.000, biaya nyebrang pakai roro KRW 2.000. iyaaa roro kapal gede gitu. Habis dari Nami, mampir ke Petite French (KRW 10.000) dan Garden of Morning Calm KRW 9.500. 

MAKANAN
Beruntunglah wahai kamu yang gak doyan jajan dan gak lapar mata. Pengeluaran terbesar aku tiap kali traveling ya di makanan haha. Korea punya banyak makanan yang menggiurkan dan minta dicicipin apalagi pas winter, bawaanya lapar muluk karena kedinginan haha. 

Harga jajanan pinggir jalan atau food hawker di Korea mulai dari KRW 3.000 = IDR 39.000 untuk jajanan sejenis octopus skewer (3.000 KRW), fishcake (2.000 KRW per tusuk), Tteokbokki per porsi (6.000 KRW), Jajangmyon (5.000 KRW per mangkok), Hotteok (2.000 KRW), Kimbap (3.000 KRW), Bungeo-ppang (2.000 KRW)

roti ikan makanan halal di korea
Bungeo-ppang @ Busan Gamcheon Village 

Harga makanan berat di Resto biasanya mulai dari KRW 10.000 = IDR 130.000 untuk menu makanan sejenis Korean BBQ (25.000 KRW), Bibimbap (10.000 KRW per mangkok), Tteokgalbi  - Sliced Beef Ribs (14.000 KRW per porsi), Samgyetang - ginseng chicken soup (20.000 KRW), Jjimdak - Korean Braised Chicken with Octopus (35.000 KRW untuk berdua), Haemultang (80.000 KRW untuk 4 orang)

makan seafood di jeju
Superb yummy Haemultang @ Jeju Island
Aduh, jadi laper dan kepengen Jaws Jjimdak enak di Busan deh! Tteokbokki, Fish Cake dan gorengan glitter glitter bahagia di Busan Station! Tteokgalbi enak di Jeonju! Haemultang dengan limpahan seafood fresh di Jeju. aaaaah... salah banget nih bahas makanan. hahaha. Okay back to the topic, dihitung sendiri aja yaaa perkiraan biaya makannya. at least, untuk biaya makan kamu bisa pakai itungan minimal IDR 150.000/hari. Bisa juga lebih rendah dari ini, depends on gaya hidup dan gaya makannya kamu juga sih.

SHOPPING & SOUVENIRS
KALAP + LAPAR MATA! yep, itu kata yang pas buat dunia perbelanjaan di Korea. Banyak barang yang lucu-lucu menggemaskan dan pengen di bawa pulang ke Indonesia semua sih. untuk hal ini balik lagi ke diri masing masing sih ya kamu tipikal yang doyan belanja banyak, pergi bawa satu koper, pulang jadi 3 koper atau tipikal yang pulang pergi juga koper gak nambah. 



Untuk oleh-oleh snack dan makanan kemasan, aku saranin untuk borong di Lotte Mart Seoul Station. Syurrrgaaa! klo mau nyari kaos kaki murah 1000 KRW per pasang, cuss ke Myeongdong Underground! Untuk lebih detail,  shopping dan souvenirs aku bahas di post terpisah yaaa biar lebih komplit :))

That's all I guess. Klo masih ada yang mau ditanyain, silahkan tulis di kolom komentar di post ini yaa. Selamat mempersiapkan liburan ke Korea Selatan!

23 comments:

  1. Wow informatif banget nih Kak.
    4-6 bulan sebelum tanggal keberangkatan udah mesan ticket ya, oke noted.

    Btw, berapa budget semuanya dalam perjalanan ke korsel kali ini Kak ? Dan brp hari disana Kak ? Aku gak nemu di bacaan hehe 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Cica! gak musti 4-6 bulan sebelum depart sih, buat dapet harga cihuy better main ke Travel Fair. Temen2 aku dapet harga bersahabat di GIFF. belum lagi tambahan diskon klo bayar pakai kartu kredit.

      Winter 2017 lalu, aku stay 3mingguan di Korea. Lebih tepatnya 23 hari ke beberapa provinsi disana. dari utara ke selatan. hehe. 6 hari di Busan, 1 hari di Suncheon, 3 hari di Jeju, 2 hari di Cheongsando, 4 hari di Jeonju, 7 hari di Seoul.

      Budget? gak pernah punya budget anaknya sok foyah foyah! huhu! ini jangan ditiru banget! Nanti deh coba aku breakdown lagi selama di korea udah bakar berapa duit huhu. banyak sih kayaknya hahaha *lalu nangis di pojokan

      Delete
  2. Wah lengkap banget infonya, thanks Muti!
    btw kalau urus visa sendiri gimana ya? minimal saldo di tabungan, dll boleh dishare juga, hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Kak Helen, klo untuk urus visa sendiri gak ada ketentuan baku sih harus prepare duit berapa di tabungan. tapi biasanya kita suruh pinter pinter itung sendiri. Biaya hidup perhari x lama stay + Biaya Tak Terduga. Rata-rata buat aman pada ngitung dengan cara itu sih kak.

      contoh nih..
      rata-rata biaya hidup harian di Korea IDR 1.500.000, lama stay 6 hari
      Biaya tak terduga disini, contohnya amit2 ketinggalan pesawat. at least kita punya spare duit buat beli tiket pulang lagi. harga tiket ICN - CGK IDR 5.000.000

      Jadi minimal saldo tabungan untuk 6 hari di korea:
      = (1,5jt x 6) + 5jt
      = 9 jt + 5jt
      = 14jt

      Jadi, klo mau apply visa sendiri, untuk 6 hari di Korea minimal tabungan sebaiknya 15jt.

      untuk syarat2 lainnya aku bakal tulis di postingan berikutnya soal visa korea ya Kak, biar lebih detail

      Delete
  3. Wah jadi ada bayangan buat nabung berapaan kalo mau liburan ke Korea, tapi muti, kalo buat orang yg ribet makan kek aku yg apa2 musti pastiin halal gini tuh, gimana yaa kalo disana. Pengen juga nyobain2 street food tanpa khawatir 😆😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi. Sama thri! Aku juga trying to eat halal kok. Nah enaknya di Korea, mereka juga udah mulai aware ama Moslem Tourist, apalagi yang pakai hijab. Klo penampakan wajah aku mah noni yaa non islam. Jadi mereka gak aware aku muslim apa bukan.

      Kemarin di ajarin ama kakek2 di taksi, nanti klo mau cari makanan Halal cara gampangnya klo yg jual gak bisa english, pakai bahasa tubuh. Penyetin idung kayak babi, silang dua tangan di depan sambil bilang “Dwaeji andwae-yo” artinya No Pig.

      Food street rata2 jual snack sejenis roti, octopus, chicken skewer gitu sih. Fish cake ama goreng2an juga no pork. Beda ama pojangmacha nya yg kayak angkringan gitu. Kadang mereka ada jual yg mengandung babi. Soondae gitu kayak sosis tapi isinya darah sapi atau babi. be aware aja.

      Untuk resto resto gede biasanya mereka kasih detail di menu book juga apa aja kandungan makanannya. Tapi rerata yaa Korea itu sih pemakan ayam menurut aku. Untuk BBQ baru deh mereka ada opsi beef atau pork. Jadi pastiin klo mau BBQ-an emang soegogi bukan dwaejigogi

      aku masih inget beberapa vocab soal daging nih
      Cow Meat/ beef = sogogi
      Chicken meat = dakgogi
      Duck Meat = ohrigogi
      Fish = mulgogi
      Soybean beef = bulgogi

      Delete
  4. ooo mulai ada gambaranlah, soalnya gaya sekali anak2 geng aku ingin pergi ke korea tapi no clue gitu. makasih lho kak udah sharing, jadi tahu harus persiapkan apa saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiih seru banget tuh mut jalan jalan segenk! Asal jangan pada berantem ya abis ngetrip. Haha. Kadang temen yang asyik belum tentu juga temen jalan yang asyik. Hehe. Kita bisa tau watak temen yg asli gitu trip bareng. #pengalaman semoga persiapan ke korea nya lancar yaa muthe! 😊

      Delete
  5. Makasih banget informasi nya kak. Lengkap nih. Izin note yaa. Kudu nabung dari sekarang kayanya. Berarti kudu pesan tiket 4-6 bulan gt ya kak?

    Do'ain bisa kesana juga hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm.. engga harus 4-6 bulan before flight sih. Seringkali malah yang impulsif buying karena promo dadakan yg bikin traveling terwujud. Yg di rencanakan justru semacam dipersulit. Ada aja cobaannya haha

      Aamin! Semoga dipermudah yaaa Muth!

      Delete
  6. Budjet 10jeti baru ongkos doang yaa.. jadi bawa duit berapa baru bisa enjoy ke korea? Hahaha

    Tapi kok di travel agency gt ada yg 6juta 3d2n gt. Apa mungkin?

    Salam dari blogger pekanbaru

    ReplyDelete
    Replies
    1. 10jt bisa kok ke korea klo kamu pilih yg ala ala backpackeran! Nginep di mesjid, flight promo super murah dari low cost airline yang tanpa bagasi, bawa mi instan atau rendang dari indo. Bisa sih sepertinya dicukup cukupin. Haha. Tergantung gaya hidup sih. Lifestyle nya orang beda-beda jadi gak bisa dipatokin bawa duit berapa buat bisa enjoy Korea.

      Klo prinsip aku, salah satu alasan kita traveling yaa buat stress relief. Tp gegara duit gak bisa ini gak bisa itu pas lg travelling, sama aja nambahin stress. Mending travelingnya di cancel dulu. Nabung dulu ampe cukup buat jalan.

      3D2N 6jt? Mungkin aja sih. Tp udah baca T&C tanda bintang kecil yang suka nyungsep tak terlihat belum? Biasanya untuk harga segitu gak termasuk flight ticket, no meals, admission fee. 3 hari 2 malam. Which is kamu cm nginep 2 hari doank disana. Flight ke Korea sendiri direct paling cepet 7jam 10 menitan. Hitung flight PP, udah ngabisin waktu 15jam aka setengah hari lebih. Itu klo direct loh yaaa.. direct flight biasanya FCC jarang yg LCC

      Sisa hari yg bisa kamu manfaatin cm 2 malam. 2 malam di Korea ngapain aja? Gak bisa eksplor banyak. Itu menurut pendapat aku loh yaaa.

      Delete
  7. Ternyata ke Korea gak semudah yang dibayangkan ya, butuh banyak persiapan uang haha jadi tahu kira-kira uang yang harus ditabung berapa. Terimakasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa Azizah. sebenernya mudah sih untuk level sultan haha. Tp ya buat kita rakyat jelata ini musti pakai persiapan. Gak semudah membalikkan telapak tangan hehe

      Delete
  8. Still about Korea huwaaa...
    Senang banget baca Korea, tinggal terbang kesana aja yang belom. Semoga one day dikasih kesempatan kesana, jadi udah pinter hehe 😊

    ReplyDelete
  9. Wahhh ternyata mau ke korea gak semudah yg di bayangkan yaa 🤣 mesti banyakin tabungan , doain ya semoga suatu hari bisa kesana

    ReplyDelete
  10. http://54.254.143.75 was a site at indonesia , there was online gaming with server PKV Games Online , there was many games domino and poker games inside, example : poker , bandar poker , capsa susun , sakong , domino , dominoq ,dominoqq , domino66 ,domino99 , aduq . bandar q , bandarq , qq , q , perangbakarat.

    ReplyDelete
  11. Kalo 50 juta kira" cukup ga sih buat keseluruhan kita ke korea? Misalkan 50 juta udah sama makan, penginapan,tiket pesawat PP. Pokoknya tinggal beres aja. 50 juta terjangkau ga sih?

    ReplyDelete
  12. Jadi kalo buat total semuanya kira² berapa uang ya??😁

    ReplyDelete
  13. 18 juta udah cukup gak sih kak?:"

    ReplyDelete
  14. Kalau ditotal semuanya butuh berapa ya?30 Juta cukup gak?:')

    ReplyDelete

TELL ME WHAT YOU THINK