Search This Blog

Sunday, October 27, 2019

Visa (Waiwer) Jepang via Dwidaya Tour

VIsa Jepang

Buat sebagian orang, ngurus visa sendiri itu punya kepuasan sendiri. Yap, bener. Semacam usaha yang kamu lakuin sendiri dan berbuah hasil. ada rasa bangga dan haru sih. Belum lagi dengan biaya yang lebih affordable dan make sense ketimbang pakai jasa pihak ketiga. Tapi buat sebagian orang, apalagi yang gak tinggal di ibukota, kadang lebih memilih untuk memakai jasa pihak ketiga ketimbang ngurus sendiri. Why? alasan utama sih waktu dan lokasi ya.



Sama halnya kayak aku, walaupun masih sering bolak-balik Jakarta tapi oh tapi tiap kali ke Jakarta seringkali karena urusan lain atau cuma main bentar, dan gak kepikiran buat nyamperin kedutaan untuk ngurus visa. Berhubung aku anaknya anti ribet, jadi waktu ngurus visa waiver Jepang 2017 lalu aku percayain sepenuhnya ke DWIDAYA TOUR.

TENANG BUKAN ENDORSEMENT! BUKAN PAID PROMOTE! BUKAN POSTINGAN BERBAYAR DAN SEJENISNYA. INI PURE SHARING PENGALAMAN PRIBADI AKU AS ONE OF SATISFIED CUSTOMER.

udah tahu Visa Waiver Jepang kan ya? yes baby, stiker di e-paspor yang bisa jadi akses kamu buat ke Jepang tanpa perlu ngurus visa manual. eitts.. cuma untuk pemilik e-paspor ya. Paspor biasa masih tetap harus urus visa manual ke kedutaan klo mau ke Jepang. Sorry not sorry, the perks of having e-pasport :)


KETENTUAN VISA WAIVER JEPANG
  1. Tujuan : Kunjungan singkat (wisata, bisnis, family visit, dsb)
  2. Durasi stay : 15 hari (lima belas hari saja)
  3. Masa berlaku : 3 (tiga) tahun. atau sampai batas akhir berlaku e-paspor kamu (klo masa berlaku paspor kamu sisa < 3 tahun ya)
  4. Biaya : GRATIS
  5. Lama proses : dua hari kerja, hasil bisa di ambil di hari berikutnya
BIKIN VISA WAIVER JEPANG DI DWIDAYA TOUR GRATIS YA?
TENTU TIDAK, MARIMAR!!! TIDAK SEGRATISAN ITU!

Bikin visa waiver Jepang GRATIS klo kamu sendiri yang urus langsung ke kedutaan Jepang. Karena aku udah stay for good di Pekanbaru sejak 2016 dan semacam kurang niat untuk ke Jakarta cuma buat bikin visa waiver, aku mutusin untuk gunain jasa visa DWIDAYA. Tinggal buka website, pilih product - visa Dwidaya, then pilih jasa visa yang kamu mau, kali ini Jepang-Waiver yaa bukan visa Jepang. Bayar dan tunggu deh email dari E-commerce Division Dwidaya. Just one click away! Simple, cepet, gak ribet!



SYARAT VISA WAIVER : E-PASPOR + PASPOR LAMA + FORM WAIVER
iyaa cuma tiga itu doank. as simple as that kok! gak ribet kan?

Setelah browsing, aku sempet sangsi soal wilayah yurisdiksi. Beberapa artikel di dunia maya bilang Kedubes Jepang di Jakarta cuma ngelayanin berdasarkan domisili KTP Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogya, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung dan Lampung aja.

Nah, klo berdasarkan domisili KTP,  aku sih seharusnya bikin di Konjen Medan.

Tapi, setelah confirmed ke Mbak Lidya dari Dwidaya, akhirnya aku dapat pencerahan bahwa pengurusan sesuai dengan domisili KTP itu untuk proses visa biasa Jepang. Sedangkan untuk waiver Jepang, domisili KTP tidak jadi masalah dan proses pembuatan di Kedubes Jakarta. 

Next step yang perlu kamu lakuin adalah isi form registrasi visa waiver Jepang. Pihak e-commerce Dwidaya akan sent ke kamu file nya. Kamu cuma perlu download, print dan isi dengan pulpen warna Hitam.

Berkas untuk visa waiver (e-paspor yang masih berlaku + paspor lama + form) aku kirim dari Pekanbaru ke Head Office Dwidaya di Mangga Besar, Kamis 5 Oktober 2017 08:57 WIB via JNE YES plus asurasi. Kenapa pakai asuransi? Biar paspor aku aman dan gak hilang. Asuransi + admin cuma 13.000IDR tapi pertanggungan 4.000.000IDR sesuai dengan nominal barang yang kita sebutin.





Berkas diterima oleh Mbak Lidya, Jumat 6 Oktober 2017 16:17 WIB dan akan dimasukan ke Kedubes Jepang Senin 9 Oktober 2017. Gak nyampe seminggu, Rabu 11 Oktober 2017 10:17 WIB aku terima email Mbak Lidya yang ngabarin klo visa waiver Jepang aku udah keluar, dan berhasil.

yes, as you know, aku masih belum seniat dan sebego itu untuk ke Jakarta cuma buat jemput paspor dan buang duit PP tiket hampir 2 juta rupiah hahaha. Jadi aku minta tolong Mbak Lidya untuk kirim paspor aku via ekspedisi. Untuk biaya ekspedisi via TIKI ONS 36.000IDR. Biaya ekspedisi aku transfer ke rekening BCA PT Dwidaya Worldwide.

Wohoo! bisa bolak balik Jepang kapan aja tanpa perlu repot ngurus visa! Lalu ngarep semua FCC Airlines pada promo diskon gila-gilaan tiap bulan. HAHAHAHAA. YOU WISH, MUTI! Itu hanya mimpi, Rosalinda!


BIAYA VISA WAIVER MELALUI DWIDAYA
Visa Waiver Jepang 206.000IDR
Ekspedisi PKU-JKT 39.000IDR
Ekspedisi JKT-PKU 36.000IDR
TOTAL DAMAGED = 281.000IDR

Jauh lebih murah dari tiket one way PKU-CGK pakai GA which is minimum 850.000IDR untuk kelas economy promo (harga tahun 2017 yaa, harga 2019 mah udah 2x lipat hahay! TURUNKAN HARGA FLIGHT DOMESTIK! TURUNKAN HARGA BERAS! TURUNKAN HARGA CABE! #lohkok Maap keterusan hahaha.


Jadi, menurut aku personally, buat kita yang berdomisili di luar Ibukota khususnya Sumatera, ngurus visa waiver Jepang via Dwidaya jauh lebih efisien ketimbang ngurus sendiri ke Kedubes Jepang di Jakarta. HEMAT WAKTU, HEMAT TENAGA, HEMAT DUIT PULA. EFISIEN DEH!

DISCLAIMER! Sekali lagi tulisan ini bukan endorsement, bukan paid promote, gak dibayar sepersen pun. Murni pengalaman pribadi aku as satisfied customer. tapi kalo Dwidaya mau bayar aku untuk endorse jasa mereka sih aku juga gak nolak. Plaaaak! siapaa eloooo! *selftoyor!



bebas visa jepang



F.A.Q (FREQUENTLY ASKED QUESTIONS)

Q: Bisa gak sih pengajuan visa waiver diwakilin?
A: Principally, kamu harus datang sendiri ke loket visa untuk ngajuin visa waiver. tapi kalau kamu gak bisa datang sendiri karena alasan tertentu, bisa diwakilin sih either ama staff kantor kamu atau keluarga kamu. info lengkapnya kamu bisa cek disini ya

Q: Klo udah punya visa waiver di e-paspor dan udah pernah dipakai buat traveling ke Jepang, perlu registrasi ulang gak ya klo mau ke Jepang next time?
A: Nope. gak perlu registrasi ulang kok. As pemilik visa waiver, kamu bebas bisa traveling ke Jepang dengan durasi stay 15 hari per kunjungan dan boleh berkali-kali ngunjungin Jepang sampai masa belaku visa waiver kamu habis tanpa perlu registrasi lagi tiap kali kamu mau traveling ke Jepang

Q: Jadi, pemilik visa waiver pasti otomatis lolos imigrasi pas di Jepang nanti?
A: Visa waiver itu cuma rekomendasi yang diberikan buat WNA biar bisa masuk negara Jepang. bukan berarti izin mutlak atau jaminan bisa masuk negara Jepang. Keputusan bisa atau engga nya kamu masuk negara Jepang tetap di pegang oleh pihak imigrasi Jepang gitu kamu landing disana. Sometimes, petugas Imigrasi Bandara di Jepang random check sih ke pemegang visa waiver, nanyain itinerary, tiket pulang, dan hal hal tujuan wisata. Dari tanya jawab ini yang nantinya bakal nentuin kamu bisa atau engga masuk ke Jepang. Even kamu punya visa waiver sekalipun. So, visa waiver ini cuma semacam tiket ya, juri yang nyatain kamu lolos based on capabilities kamu. yap, tergantung amal dan perbuatan kamu juga haha.

Q: Aku mau traveling ke Jepang, tapi masa berlaku visa waiver aku udah habis padahal e-paspor aku masih berlaku. gimana donk?
A: jangan drama Marimar! sok atuh di-apply lagi aja visa waiver kamu. prosedurnya sama persis waktu kamu apply pertama kali kok.  isi form dan serahin e-paspor kamu ke loket visa buat ditempel stiker baru.

Q: Emang masa berlaku paspor ama visa waiver bakal beda?
A: iya donk sayang, kan aku udah jelasin ketentuan Kedubes diatas. Contoh stiker visa waiver aku 10 Oktober 2017. berlaku sampai dengan 3 tahun atau pas e-paspor aku expire, mana yang duluan deh. means visa waiver aku bakal habis atau gak bisa dipakai lagi 10 Oktober 2020, sedangkan e-paspor aku expired Juni 2021. Jadi Visa Waiver Jepang aku lebih duluan expire daripada e-paspor aku. Gitcuu...

yuk yang mau halan-halan ke Jepang 

8 comments:

  1. Lengkap bgt ulasannya. Emeng bner kalau mau ngurus2 yg beginian enaknya sama pihak ke 3. Tapi tntu aja butuh biaya yg lebih gede. Btw mksih infonya. Sngat mmbantu kalau2 nanti sya bisa ke jepang juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama kak! Seneng bisa sharing! Buat kita yg di luar jawa, agen atau pihak ketiga sih solusi banget. Untuk biaya biasanya cuma selisih max 300,000IDR saja dari tarif visa biasa.

      Yang bikin agak rempong sih, klo apply visa via agen/pihak ketiga wajibin rekening tabungan minimal 50jt! Huhuhu

      Delete
  2. Wah infonya lengkap banget. penting ini buat persiapan jalan2 ke Japan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kak. Sebaiknya bikin e-paspor. Jadi gak ribet buat apply visa jepang hehe.

      Delete
  3. Keren bgt ini detail pengurusan visanya jelasss bgt, jadi ada bayangan kalau mau berangkat hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kak. Visa waiver khusus buat pemilik e-paspor lebih gampang. Tapi klo paspor biasa, teteup musti apply ke kedutaan sesuai wilayah yurisdiksi

      Delete
  4. As always yaaa mbaak detail, kapan yaa aku bisa ikutan bikin visa 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi! Ayooooo mbaaaa direncanakan jalan jalan ke Jepangnya #loh kok yaa kayak agen perjalanan. Haha

      Delete

TELL ME WHAT YOU THINK